Cara Melamar Kerja Secara Online

Melamar kerja secara online memang merupakan hal yang mudah. Anda tidak perlu capek-capek mengantri namun tinggal klik kirim saja. Namun pastikan CV Anda sudah sesuai dengan pekerjaan yang Anda inginkan ya. Berikut adalah cara melamar kerja secara online:



1. Siapkan CV Anda. Sebelum Anda mulai mencari pekerjaan, pastikan Anda menyiapkan CV Anda terlebih dahulu. Pastikan juga CV Anda mengandung data diri yang bisa dihubungi seperti e-mail dan nomor telepon. Selain itu simpan CV Anda dengan nama NamaAndaCV.doc, jangan dengan nama umum seperti CV.Doc. Hal ini dapat memudahkan HRD untuk mengingat nama Anda ketika sedang menyortir  CV yang masuk.

2. Siapkan data pengalaman kerja Anda. Sertakan juga posisi Anda di perusahaan tersebut, berapa lama Anda di posisi tersebut dan berapa gaji nya. Jika CV Anda tidak terlalu panjang, Anda dapat menggabungkan nya dengan CV Anda.

3. Pelajari contoh format CV yang baik dan benar. Pastikan Anda mengetahui jelas bagaimana bentuk format CV yang baik dan benar. Format CV yang baik dan benar adalah CV yang tidak berantakan dan udah dipahami.

4. Carilah lowongan kerja secara online. Anda bisa menggunakan banyak portal lowongan kerja yang tersedia seperti jobstreet dan jobsdb. Atau jika Anda memang sudah mengetahui perusahaan mana yang Anda inginkan, Anda bisa langsung mengirimkan CV lewat e-mail atau bertanya mengenai lowongan lewat sosial media perusahaan tersebut.

5. Daftar pekerjaan secara langsung di situs resminya. Biasanya perusahaan akan menjabarkan mengenai lowongan kerja medan apa yang sedang terseda. Anda dapat langsung e-mail CV Anda ke alamat yang tersedia.

6. Kapan anda bisa mulai bekerja? Sebelum Anda mencari kerja, hal ini harus Anda pikirkan matang-matang. Anda harus tahu jadwal Anda dengan jelas dulu sebelum Anda memutuskan untuk mulai bekerja.

Selain itu, jika Anda sudah menganggur dalam kurun waktu yang lama, Anda harus memikirkan juga apakah Anda sudah siap untuk tidak memiliki waktu luang seperti sebelum Anda melamar kerja? Jangan sampai akhirnya Anda tidak nyaman dengan pekerjaan di kantor karena kurangnya waktu luang Anda.

Komentar